Doyok: Mamiek Tipe Pelawak Cerdas

| Komentar
Senin, 04 Agustus 2014 08:00 WIB

kapallagi

Jakarta, HanTer – Pelawak senior Doyok mengaku tak menyangka jika sahabatnya Mamiek Prakoso meninggal dunia begitu cepat. Padahal sebelum Pilpres 9 Juli 2014, ia sempat bertemu dengan Mamiek di Jakarta ketika deklarasi PKB mendukung Jokowi-JK di Jalan Raden Saleh Jakarta Pusat.

“Sekitar 20 hari lalu saya masih sempat jumpa dan dia (Mamiek) tidak mengeluhkan apa-apa. Bahkan dia terlihat segar bugar,” kata Doyok kepada Harian Terbit, Minggu (3/8).

Dan yang membuat pria kurus ini kaget, mendiang Mamiek dinyatakan sakit liver yang sudah akut. Sebagai teman sejawat dan seprofesi, Doyok merasa kehilangan. Sayangnya, ia tak sempat menyambangi rumah duka yang berada di Solo Jawa Tengah.

“Pengen banget ke sana (Solo), tapi sepertinya tidak keburu karena besok pagi  (red-hari ini) sudah harus di kubur,” terangnya.

Selama mengenal abang kandung Didi Kempot itu, Doyok menilai Mamiek merupakan sosok yang serius dan cerdas. Tidak heran, jika ada kesempatan satu panggung dengan Mamiek, Doyok merasa terbantu dengan lawakan khas Mamiek yang membuat hadirin tertawa.

“Ada satu guyonan Mamiek yang hingga kini masih saya ingat dan tak bisa dilupakan. Dia pernah bilang wisatawan yang datang ke Bali harus hati-hati karena ada virus ‘litel bonsir’ (kalau gatel banyak pasir). Kata-kata itu yang selalu saya kenang,” tuturnya.

Dikatakan Doyok, karir Mamiek sebagai pelawak cukup gemilang. Mengingat keluarga besarnya merupakan keturunan seniman. Ayahnya Mamiek (Ranto Edy Gudel) merupakan seniman panggung terkemuka di Jawa Tengah, begitupula dengan adiknya Mamiek, Didi Kempot yang ngetop sebagai penyanyi campur sari.

“Tentu bakat seninya turun dari ayahnya,” tambahnya.

Hal senada diungkapkan salah satu personil Srimulat, Nunung  yang tidak percaya jika sahabat karibnya itu dipanggil Yang Maha Kuasa begitu cepat. Sebagai teman ia merasa sedih pertama kali mendengar kabar bahwa Mamiek telah meninggal dunia. Makanya ketika mendapat kabar musibah itu, ia tidak lantas percaya begitu saja.

"Ini mau ke rumah sakit untuk cari kepastian," kata Nunung saat dihubungi.

Bahkan pentolan bintang Opera Van Java ini belum mau berkomentar terlalu banyak karena kondisinya masih sedih ditinggal pelawak berusia 53 tahun yang memiliki ciri rambut pirang  pada bagian samping kanan dan kirinya.

"Saya belum banyak tahu penyebabnya, katanya liver bengkak," ungkapnya.




(Romi)