Aktor Kawakan Zainal Abidin Domba Tutup Usia

| Komentar
Senin, 26 Januari 2015 19:55 WIB

Zainal Abidin Domba (ist)

Jakarta, HanTer-Aktor film, teater, dan sinetron Zainal Abidin Domba meninggal dunia, Senin (26/1/2015). Aktor kawakan tersebut meninggal dunia akibat menderita penyakit kanker usus stadium empat.

Kabar itu antara lain dikabarkan antara lain oleh artis kawakan Sys Ns. "Innalilahi Wa'innailaihi Roji'un. Telah meninggal dunia aktor "Zainal Abidin Domba" di RS. Sentra Medika, Cisalak - Depok. InsyaAllah Husnul Khotimah. Aamiin," kicau Sys Ns di akun Twitter-nya, Senin sore.

"Meninggalnya tadi sore pukul 16:45 WIB, karena kanker ganas pada usus. Nah, kemarin (Minggu) jam 4 mendadak sakit langsung kita bawa ke RS. Sentra Medika Cisalak," kata kerabat almarhum, Slamet, Senin (26/1/2015).

Kata Slamet, sebenarnya penyakit yang diderita almarhum sudah lama dialami. Bahkan pada Mei 2014, Zainal sempat dilarikan ke RS Darmais untuk menjalani operasi penyakitnya. "Sebenarnya waktu bulan Mei sempat dibawa ke RS Darmais untuk dioperasi," jelas Slamet.

Pria kelahiran Pekalongan 15 April 1957 ini pernah memenangkan penghargaan Aktor Terbaik dalam Festival Teater Remaja Jakarta pada tahun 1982 dan 1983. Zainal sempat hijrah ke beberapa kota di Indonesia seperti Medan, Padang bahkan Ternate sebelum akhirnya ia memutuskan untuk mencari pekerjaan di Jakarta.

Ia mulai berkenalan dengan dunia teater dan hingga merambah dunia film dari sinetron hingga layar lebar. Tahun 2010, ia ikut dalam produksi film 3 Hati Dua Dunia Satu Cinta bersama Reza Rahardian, Laura Basuki dan Arumi Bachsin.

Zainal mulai menekuni teater pada 1975 dan memulai debut akting dalam film garapan Teguh Karya yang berjudul Secangkir Kopi Pahit pada 1984. Ia juga pernah bermain teater karya Teguh Karya berjudul Pernikahan Berdarah, dimana ia berperan sebagai pengantin pria Niniek L. Karim.

Zainal juga sempat bermain sinetron Olga Sepatu Roda, sebagai bujangan yang mati-matian mendapatkan cinta dari Sarah Sechan dan main di film Naga Bonar. Namanya melambung ketika berperan sebagai suami Inneke Koesherawati dalam sinetron Kipas Kipas Asmara.

Jenazah Zainal Abidin disemayamkan di rumah duka, di Jl Damar Laut 4, Perumnas Depok Timur dan akan dimakamkan setelah salat Dhuzur, besok, 27 Januari 2015.
 




(Ind)