Melinda Cinta Satu Malam: Sedih Banget Dicekal

| Komentar
Sabtu, 21 Mei 2016 10:33 WIB

Pedangdut Melinda

 

Jakarta, HanTer - Mulai sekarang sebaiknya berhati-hati dalam membuat dan menyanyikan lirik lagu dangdut. Pasalnya, dengan lirik yang nyeleneh dan agak berbau porno sehingga menjurus kearah perbuatan asusila bakal di cekal Komisi Penyiaran Indonesia (KPI).

Tentu dampaknya bukan merugikan si penyanyi dangdut, namun juga para penikmat dangdut yang jumlahnya sangat signifikan. Baik dari kalangan bawah, maupun menengah keatas yang suka lagu dangdut.

Adalah Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Jawa Barat mulai tegas soal penyiaran lagu di televisi dan radio lokal. Ada belasan lagu dangdut yang dilarang dan dibatasi penayangannya lewat televisi dan radio lokal Jawa Barat. Selain itu, sebanyak 13 lagu dangdut dilarang dan 11 lagu dangdut lainnya dibatasi. Lagu yang dibatasi, boleh tayang di atas jam 22.00 WIB.

Lagu-lagu itu dilarang dan dianggap tidak ada fedahnya bagi masyarakat. Jelas ini menjadi pukulan telak bagi penyanyi dangdut, pembuat lagu dan produser music dangdut.

Pedangdut Melinda angkat bicara mengenai hal ini. Ia mengaku menyayangkan sikap yang diambil KPID dalam mengambil keputusan melarang lagu dangdut ditayangkan.

“Sedih banget kalau dicekal, padahal kita sudah bersusah payah membawakan lagu-lagu tersebut,” kata Melinda kepada HarianTerbit, Jumat (20/5/2016) malam.

Melinda menambahkan, segala keputusan yang diambil KPID tentu memiliki nilai plus dan minus. Ia bersyukur berarti adak ritik terhadap lagu dangdut.  

“JIka dibilang tak mendidik ya kita kembalikan lagi kepada yang membuat lagu. Sebagai penyanyi, kita hanya membawakan lagu yang ditawarkan kepada si penyanyi. Tapi justru semakin lagu tersebut dicekal, dampaknya akan makin di cari lagu tersebut,” terangnya.

Ia berharap kedepannya para pembuat lagu semakin hati-hati dalam membuat lirik.

“Tentu yang lebih mendidik sehingga bisa bermanfaat bagi orang banyak yang mendengarkan,” tambah Melinda.

Hendy Ahmad selaku produser dan pembuat lagu dangdut dari label AFE Record merasa senang jika hal itu benar-benar objektif dilakukan oleh KPID. “Intinya saya mendukung jika untuk kebaikan, tapi saya rasa bukan cuma 13 lagu. Masih banyak lagu-lagu lain yang belum teridentifikasi. Biar semua adil merasakan dampak lagunya dicekal sehingga termotivasi membuat lagu yang bermanfaat,” kata Hendy.  

Lagu yang Dicekal
 

Berikut daftar lagu yang dilarang, antara lain, Julai Perez (Paling suka 69), Mirnawati (Wanita Lubang Buaya), Zilvana (Simpanan), Ade Farlan (Hamil Sama Setan), Asep Rumpi  feat Lia MJ (Mobil Bergoyang),  Della Puspita (Apa  Aja Boleh), Tuty Wibowo (Hamil Duluan), Rimba Mustika (Mucikari Cinta),  Zaskia Gothic (Satu Jam Saja), Mozza Kirana (Melanggar Hukum), Deby Ge (Cowok Oplosan), Ellicya (Merem-merem Melek) dan Lolita (Ga Jaman Punya Pacar Satu). 




(Harian Terbit/Romi)