Keren, GCN & PL Youth Choir Wakili Indonesia di Festival Budaya Inggris

| Komentar
Senin, 13 Juni 2016 08:28 WIB

GCN & PL Youth Choir/ XPose Indonesia

Jakarta, HanTer - Ajang festival budaya bertaraf internasional jadi modal anak-anak Indonesia untuk mengharumkan nama bangsa ini. Adalah kelompok tari Gema Citra Nusantara (GCN) dan kelompok paduan suara Pangudi Luhur Youth Choir (PLYC) yang mewakili Indonesia dalam festival budaya di Inggris, Llangollen International Eisteddfod.
 
Tahun lalu, Indonesia yang diwakili SMA Garuda Cendekia berhasil merebut penghargaan dalam kategori Children’s Folk Dance Group, Traditional Folk Dance Group, dan Choreograped Folk Dance Group.
 
Tahun ini giliran GCN mewakili Indonesia berkompetisi di sana. “Kami berharap GCN dapat tampil maksimal membawa panji budaya Nusantara di festival Llangollen yang sangat mendunia ini,” di Galeri Indonesia Kaya Grand Indonesia Jakarta Pusat, kemarin. 
 
Dalam festival yang akan diselenggarakan pada 5-10 Juli itu, Indonesia akan bersaing dengan empat negara yakni Zimbabwe, India, Wales, dan Kazakhstan.
 
Sementara itu, PLYC yang baru pertama kali mengikuti Llangollen International Eisteddfod akan mendaftar pada dua nomor kompetisi yakni Senior Youth Choir dan Children Folklore.
Llangollen International Eisteddfod merupakan festival budaya yang berisi kompetisi paduan suara, penyanyi solo, tari, ensamble, dan karnaval.
 
Setiap tahunnya festival ini diikuti oleh 5.000 penampil dari 50 negara di lima benua dengan rata-rata sekitar 50 ribu orang sepanjang enam hari festival.
 
Masing-masing kategori kompetisi akan memperebutkan trofi dan uang tunai senilai hingga 750 poundsterling atau sekitar Rp 14 juta. Selain itu, Pangeran Charles juga turut hadir dan menyalami langsung para pemenang.




(Romi)