Aa Gatot Dinilai "Amburadul" Pimpin PARFI, Artis Senior Siap Gelar Kongres

| Komentar
Kamis, 28 Juli 2016 20:50 WIB

Ki Kusumo & sejumlah artis senior/ dok

Jakarta, HanTer - Merasa tak becus memimpin sebuah organisasi, biasanya para anggota yang tergabung dalam organisasi tersebut akan mengambil langkah kongkrit demi menyelamatkan organisasi itu. Hal ini yang dialami Gatot Brajamusti atau biasa disapa Aa Gatot yang dinilai gagal memimpin Persatuan Artis Film Indonesia (PARFI). 
 
Tak heran, jika puluhan aktor dan aktris senior berinisiatif segera menggelar kongres luar biasa. Sebelum pelaksanaan kongres, mereka berziarah sambil melakukan aksi tabur bunga ke makam Suryo Sumanto dan Usmar Ismail di TPU Karet Bivak, Jakarta Pusat, Kamis (28/7/2016).
 
“Selain mengenang jasa beliau, kami ingin memberi semangat kepada diri sendiri. Jadi kalau orang yang cinta ya merasa memiliki dan mempertahankan, kita kan gak rela ada yang merusak apa yang kita cintai,” ujar Pong Harjatmo.
 
Menurutnya, kepemimpinan Parfi di tangan Aa Gatot Brajamusti sangat amburadul.  “Nggak ada prestasi, namanya tambah buruk. Pengurus yang hadir, coba diabsen. Saya yakin jarang datang. Tapi bukan Parfi saja, KFT (Persatuan Karyawan Film dan Televisi Indonesia) pun sudah amburadul,” tegasnya.
 
Senada disampaikan Ki Kusumo. Aktor sekaligus produser film ini malah menuding kepengurusan Parfi sekarang ilegal. “Karena belum ada sertijab dari Ketua Parfi sebelumnya, Yeni Rahman ke yang baru. Mereka belum diakui Depkumham. Bicara organisasi kan harus diakui,” tandas Ki Kusumo.
 
Celakanya, anggota Parfi sekarang tidak semua adalah artis film. “Parfi itu organisasi profesi. Isinya harus artis film. Kalau orang di bidang lain yang masuk, apa jadinya Parfi. Kita bukan ingin bikin rumah, tapi bikin film maju. Kita butuh sertifikasi kalau kita artis,” sambungnya.
 
Sebagai realisasinya, para aktor dan aktris senior seperti Debby C Dewi, Erna Santoso, Yati Surachman, Pong Harjatmo, Ki Kusumo, Wieke widowaty, lella Anggraeni, Angel Ibrahim dan masih banyak lagi itu langsung membentuk panitia pelaksana kongres.“Rencana kongres akan kita adakan dalam waktu dekat, kami berharap ini bisa jadi semangat. Kita ingin rebut rumah kita yang sekarang dipimpin dari dunia antah berantah,” pungkas Ki Kusumo.
 




(Romi)