Luar Biasa, MPP dan Disparbud DKI Dukung Lomba Seni Islami

| Komentar
Jumat, 23 September 2016 23:10 WIB

MPP dukung lomba seni Islami/ ist

Jakarta, HanTer - Dinas Pariwisata dan Kebudayaan  (Disparbud)  DKI Jakarta  bersama Melati Putri Pertiwi (MPP) mendukung penuh terselenggaranya kegiatan Lomba Seni Nuansa Islami  Tingkat Provinsi DKI Jakarta yang diadakan di Teater Kecil, Taman Ismail Marzuki, Kamis (22/9/2016).  Kegiatan ini mempuyai arti penting untuk memotivasi para pelaku seni untuk terus berkarya. 
 
Kehadiran seni nasyid, marawis,  qasidah, dan musik pop akustik religi merupakn seni yang sudah menjadi jati diri bangsa Indonesia.  Kesenian tersebut sudah banyak tumbuh di sekolah, majelis taklim, dan remaja Masjid. Pemberdayaan seni religi diharapkan menjadi filter untuk menuntun generasi muda, agar tidak terbuai dan terseret  arus seni hiburan asing yang merusak moral dan jati diri bangsa. 
 
Menurut Kepada Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta, Catur Laswanto,  seni religi adalah sarana hiburan dan pengungkapan ekspresi estetis dan dapat digunakan juga sebagai sarana dakwah  karena syair dan lafal yang dibawakan selalu mengandung pesan moral keagamaan dan keteladanan. “Saya berharap seni religi dapat berkembang melalui karya baru yang mendukung revolusi mental pergerakan perilaku. Sehingga seni religi dapat menjadi pelopor seni pertunjukan yang layak ditonton dan menjadi tuntunan,” ujarnya.
 
Acara yang digelar selama empat hari mulai dari 19-22 September dan diikuti siswa sekolah tingkat SMP/SMA ini   menjadi langkah nyata dalam melestarikan dan mengembangkan kekayaan luhur budaya bangsa melalui seni religi ini. “Saya berharap agar para peserta tidak berhenti sampai di sini untuk terus berkarya melalui pagelaran seni religi saja, tapi juga dalam seni budaya lainnya. Kita semua tidak hanya melestarikan seni dan budaya bangsa, tapi juga harus mengembangkannya,” jelasnya.
 
Ala Alatas, Ketua Melati Putri Pertiwi mengatakan, MPP sebagai komunitas yang peduli akan pelestarian dan pengembangan seni dan budaya Indonesia, akan terus mendukung kegiatan  atau pagelaran seni dan budaya di kemudian hari.  “Kami terus dukung agar kegiatan seperti ini tetap diadakan karena kegiatan ini memiliki arti penting bagi pelestarian seni dan budaya Indonesia,” ujarnya. 
 
Ala menambahkan, salah satu bentuk dukungan MPP dalam kegiatan ini adalah berpartisipasi dalam mengisi acara. Ayu Azhari salah satu anggota MPP dalam acara ini bernyanyi 4 buah tembang yang menghibur para peserta.  “MPP bekerja sama dengan Disparbud DKI akan terus mendukung dan mengadakan kegiatan seperti ini.  Kita harus memperkenalkan budaya bangsa khususnya budaya Betawi yang banyak mengandung unsur dengan tujuan membangun generasi muda berahlak mulia dan mencintai budaya bangsa,” ujarnya. 
 




(Romi)