Pentas 107 Tahun Wayang Orang Sriwedari di Gedung Pewayangan Jakarta

| Komentar
Selasa, 04 April 2017 09:11 WIB

Pentas wayang orang/ ist

Jakarta, HanTer - Dinas Kebudayaan Kota Surakarta, bekerjasama dengan Triardhika Production, akan mementaskan grup Wayang Orang (WO) legendaris ‘Sriwedari’ di Gedung Pewayangan Kautaman, Jakarta Timur, pada 25 April mendatang.
 
 “Intinya kami ingin memberi ruang apresiasi melalui pementasan wayang orang Sriwedari. Seni tradisi sebagai ungkapan kehidupan mengandung tatanan estetika, pandangan hidup, tata nilai dan identitas diri,” kata Produser Triardhika Production, Eny Sulistyowati, di Jakarta Selatan, Senin (3/4/017).
 
 Dikatakan Eny, wayang orang merupakan komunitas seni budaya paling fenomenal, yang kini usianya menginjak 107 tahun. “Walau terimbas oleh dinamika zaman, namun grup kesenian ini tetap eksis menjaga marwah dan kegemilangannya,” tuturnya.
 
Pergelaran ini  juga mendapat dukungan dari Pemerintah Kota Surakarta. “Pemerintah Kota Surakarta, khususnya Dinas Kebudayaan, sangat mengapresiasi dan menyambut gembira dengan diundangnya Wayang Orang (WO) Sriwedari untuk pentas di Jakarta, dalam rangka Kongres Ke-IX Senawangi,” sambut Kepala Dinas Kebudayaan Pemerintah Kota Surakarta, Sis Ismiyati.  
 
Menurut Sis Ismiyati, sebagai warisan leluhur bangsa, wayang seharusnya dilestarikan dan diberdayakan. “Kami mendukung agar wayang orang Sriwedari juga menjadi ikon dunia, sebagaimana Wayang mendapat pengakuan dan penghargaan di Badan Dunia PBB-UNESCO. Tampilnya WOS nanti diharapkan dapat membuka mata hati dan pikiran, bagaimana kita dapat menghargai sejarah warisan leluhur bangsa,” ujarnya. 
 




(Romi)