Film Surau dan Silek, Potret Tiga Karakter Anak Utamakan Sholat, Salawat & Silat

| Komentar
Rabu, 26 April 2017 07:57 WIB

Film Surau dan Silek

Jakarta, HanTer – Baru kali ini ada film daerah yang berani menonjolkan sisi kebiasaan positif  yang nyaris hilang. Film ini berjudul Surau Dan Silek  yang merupakan tontonan semua usia yang bergenre drama dan religi. 
 
Film ini diproduksi oleh Mahakarya Pictures, dengan arahan sutradara Arief Malinmudo, yang juga menulis naskah filmnya. Cerita ini mengangkat seni bela diri pencak silat sebagai latar belakangnya. Ambisi, usaha dan berlatih, persahabatan, anak yang shaleh dan bakti kepada orang tua menjadi pesan moral yang disampaikan film ini.
 
Bermula tentang Adil, seorang anak yatim berusia 11 tahun yang sangat menginginkan ayahnya masuk surge dengan cara menjadi anak yang shaleh. Namun disaat yang bersamaan Adil juga sangat berambisis memenangkan pertandingan silat di kampungnya.
 
Ambisis Adil ini didasari oleh kekalahan yang dialaminya pada pertandingan sebelumnya. Adil dikalahkan oleh Hardi, yang melakukan kecurangan dengan menyiramkan serbuk jerami ke mata Adil.
 
Namun hal itu tidak diakui oleh Hardi. Menurut Hardi, Adil hanya mencari alasan. Dan Adil tidak dapat membuktikan kecurangan tersebut pada juri saat pertandingan final periode sebelumnya tersebut.
 
Sahabat dan juga teman seperguruan Adil yakni Dayat dan Kurip ikut mendukung upaya Adil membalas dendam kekalahan tersebut. Dengan semangat yang tinggi mereka berlatih mempersiapkan diri menuju pertandingan.
 
Dalam masa persiapan tersebut, tiga sekawan; Adil, Dayat dan Kurip mengalami berbagai rintangan. Mulai dari guru silat mereka, Rustam yang pergi merantau, keinginan Adil untuk menjadi anak shaleh yang bertentangan dengan ambisinya memenangkan pertandingan. Juga, pertikaian antara mereka bertiga karena perbedaan pendapat tentang makna silat yang sebenarnya.
 
Rintangan lainnya juga adalah Hardi dan kawan-kawan yang selalu membully Adil, Dayat dan Kurip, Upaya mencari guru silat pengganti yang gagal, dan jadwal pertandingan yang bertepatan dengan lomba IPS yang akan diikuti oleh Kurip.




(Romi)