Edukasi BSN, Cara Simpel Hidup Sehat Lewat Funbike

| Komentar
Minggu, 14 Mei 2017 23:13 WIB

Funbike/ ist

Jakarta, HanTer - Banyak cara dilakukan seseorang untuk tampil sehat, salah staunya dengan berolahraga secara teratur. Ada yang lari, jogging, berenang dan bersepeda. Nah, kini ada yang unik dari kegiatan sosialisasi dan edukasi mengenai Standar Nasional Indonesia (SNI) yang diselenggarakan Badan Standarisasi Nasional (BSN) kali ini dengan menggelar Funbike BSN 2017.
 
Tak heran, sebanyak 1.000 orang yang tergabung dalam komunitas sepeda maupun  masyarakat umum harus ambil bagian dalam kegiatan ini. Dimulai start dari depan Gedung BPPT II, Jalan MH. Thamrin, Jakarta, peserta Funbike menempuh perjalanan sejauh 14 km menyusuri Jalan MH. Thamrin dan Jalan Jenderal Sudirman Jakarta Pusat. 
 
"Intinya BSN ingin mengedukasi masyarakat akan pentingnya penggunaan sepeda ber-SNI. Sepeda yang aman digunakan dan lebih menjamin keselamatan penggunanya,” kata Kepala Biro Hukum, Organisasi dan Humas Badan Standardisasi Nasional (BSN), Budi Rahardjo, Ahad (14/5/2017). 
 
Ditambahkan Budi, melalui kegiatan santai seperti bersepeda bersama, BSN dapat mengkampanyekan pentingnya membeli dan menggunakan produk sepeda ber-SNI. SNI Sepeda Roda Dua, kata Budi, telah diberlakukan secara wajib oleh pemerintah melalui Peraturan Menteri Perindustrian 114/2010.
 
"Sejauh ini sekarang tinggal kita mengedukasi konsumen, agar ketika membeli sepeda, harus cermat bahwa sepeda yang dibelinya sudah ber-SNI," tuturnya.
 
Untuk itu, BSN telah menetapkan SNI 1049:2008 Sepeda-Syarat keselamatan setelah melalui rapat konsensus Panitia Teknis (sekarang namanya Komite Teknis) 43-01, Rekayasa Kendaraan Jalan Raya pada tanggal 5 Nopember 2006. SNI ini merupakan revisi dari SNI 09-1049-1989.
 
Dalam SNI ini diatur syarat-syarat keselamatan seperti bebas tonjolan tajam sepeda, kecuali untuk bagian-bagian tertentu seperti gir depan dan gir belakang.
 
 
 




(Romi)