Wow, Ketua DPRD Tabanan Bali Rilis Album Anak Angin Jiwa Merdeka

| Komentar
Kamis, 18 Mei 2017 21:21 WIB

I Ketut Boping & Sawung Jabo/ ist

Jakarta, HanTer - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tabanan Bali, I Ketut Boping Suryadi mempunyai cara tersendiri dalam menyampaikan aspirasi dan pesan moral kepada masyarakat luas yang dituangkan dalam sebuah album musik “Anak Angin, Jiwa Merdeka” yang dilaunching pada Sabtu, 20 Mei 2017 di Bali International Training and Development Center (BITDeC), Pantai Nyanyi, Tanah Lot, Kabupaten Tabanan, Provinsi Bali mulai pukul 19.00 Wita. .
 
Boping menyebutkan proses rekaman sudah dimulai sejak awal tahun 2017 yang diproduseri oleh Mata Angin Production dan telah menghasilkan sepuluh judul lagu seperti: Rimba Asing, Calo Jalur Tikus, Gumi Brara Brere, Debu Berkabut, Bercerminlah, Egaliter, Angin Menyambar, Padamu Negeri, Berikan Cinta Yang Tersisa & Menjadi Matahari. Yang  banyak diwarnai oleh aliran musik Rock.
 
“Pada album ini lirik lagunya pun banyak berisikan pesan moral, pesan sosial, dan empati pada sesama. Yang kita harapkan bisa menjadi cetusan jiwa terhadap wajah negeri saat ini dan bisa memberikan warna terhadap belantika musik di Indonesia,” kata Boping, Kamis (18/5/2017).
 
Walaupun saat ini disibukkan dengan hiruk pikuk dunia politik, kecintaannya  terhadap seni dan budaya tidak bisa dia tinggalkan. Menurut dia Seni bisa mengasah kepekaan nurani dari kerasnya dunia politik.
 
“Pertama kalinya timbul kecintaan terhadap seni dan budaya di awali dengan perkenalan saya dengan Sawung Jabo sekitar tahun 2009 yang merupakan seniman dan musisi asal surabaya,  saya merasakan ada persenyawaan baru dalam bathin saya sehingga dimana pun Sawung Jabo menggelar konser dengan Grup Bandnya Sirkus Barock, seperti di Surabaya, Jakarta maupun Yogyakarta, saya selalu hadir. Dengan kehadirannya saya di setiap kegiatan Jabo dan Sirkus Barock, maka pada saat itu teman-teman menjuluki saya Si Anak Angin,” terangnya.
 
Untuk menumbuhkan jiwa seni dan budaya di kalangan generasi muda Tabanan agar lebih terarah, Boping juga mencetuskan kegiatan Kemah Budaya Tabanan yang telah melahirkan musisi-musisi muda seperti Rini dengan kemampuan seni suaranya bisa menamatkan kuliahnya di Australia tanpa minta uang saku lagi dari orang tuanya.
 
Ada pula Arum, alumnus yang menekuni seni theatre bisa menembus prestasi nasional, dan banyak lagi alumnus yang sukses menapaki karir seni kreatifnya.
 
Sementara itu, Ketua Panitia I Putu Sugi Darmawan mengatakan, sehari sebelum Konser Launching Album Anak Angin, tepatnya pada hari Jumat, 19 Mei 2017 pukul 10.00 wita di Rumah Kreatif Anak Angin, Jln. Bypass Dr. Ir. Soekarno, Tabanan, Bali akan diadakan diskusi musik yang akan diisi oleh musisi dan seniman Sawung Jabo, pengamat musik Bens Leo dan juga I Ketut Boping Suryadi selaku tuan rumah.
 
“Kami mengharapkan insan musik Bali, khususnya yang ada di Tabanan bisa hadir dalam diskusi untuk tambah membangkitkan kreativitas musik yang ada sebagai salah satu cabang industri kreatif di masa mendatang,” kata Sugi yang juga menjabat sebagai ketua Gastam Music Community (GMC).
 
Sugi juga menambahkan bahwa pada saat konser berlangsung, Penonton yang hadir tidak dipungut tiket masuk, bahkan akan mendapat CD Original Album Anak Angin secara gratis selama persediaan masih ada. Konser ini juga akan melibatkan additional player, yaitu: Gogon Hariyadi (Djimbe, Perkusi, Akustik Gitar) dan Riki Agustian (Akustik & Elektrik Gitar).
 
Acara ini juga didukung penuh oleh Bupati Tabanan, Ni Putu Eka Wiryastuti dan mengaku sangat beruntung memiliki mitra kerja seperti Ketut Suryadi dengan kesibukannya sebagai Ketua DPRD Tabanan masih bisa konsisten berkesenian. Dan juga disponsori oleh Badan Opersional DTW Tanah Lot yang bermanfaat sebagai salah satu ajang promosi obyek wisata tersebut.




(Romi)