Narkoba Yang Digunakan Tora Sudiro Terkenal di Kalangan Remaja 70-an

| Komentar
Jumat, 04 Agustus 2017 14:56 WIB

Tora Sudiro saat ditangkap aparat kepolisian (Danial)

Jakarta, HanTer - Ahli kimia farmasi dari Badan Narkotika Nasional (BNN), Kombes Pol. Drs. Mufti Djusnir, MSi, Apt. mengatakan, psikotropika bernama dumolid, yang digunakan artis Tora Sudiro dan istrinya Mieke, sudah lama dikenal kalangan para remaja era 1970-1990an di Indonesia dan bahkan telah mendapatkan paten?

Menurutnya, zat ini tergolong obat resmi (mengandung nitrazepam) yang digunakan untuk mengatasi depresi dan sejenisnya.  

"Dumolid sudah lama dikenal di Indonesia, sejak banyaknya penyalahgunaan obat dengan nama Paten Dumolid ini, oleh kalangan remaja pada era tahun 1977 an, 1980 an sampai 1990 an," kata Mufti seperti dilansir Antara, Jumat (4/8/2017).

Namun, seiring semakin banyaknya penyalahgunaan zat itu, maka pemerintah melarang peredarannya dan produksi dumolid dihentikan.  

"Dumolid telah lama tidak diproduksi lagi oleh pabriknya. Kalau sudah tidak diproduksi, berarti izin edarnya juga sudah dicabut, dan menjadikan obat ini menjadi obat yang ilegal. Obat yang ilegal tidak boleh dijual di apotik," tutur Mufti.

Maka memang benar, pada masa lalu, zat ini bisa ditemukan di apotik-apotik. Namun kini, Mufti menegaskan dumolid tak lagi dijual di apotik.




(Oni)