Berbekal Bismillah, Rendra Pamungkas Perankan Sosok Wage

| Komentar
Selasa, 31 Oktober 2017 07:17 WIB

Rendra Pamungkas (peci hitam)/ ist

Jakarta, HanTer - Bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda 2017, film biopic berjudul Wage yang mengisahkan perjalanan hidup dan perjuangan komponis lagu kebangsaan Indonesia Raya, WR Supratman, diluncurkan.
 
Film garapan sutradara John De Rantau itu tayang perdana di bioskop Djakarta Therater, Jakarta, bagi kalangan pelajar, pendidik, media massa, serta tokoh-tokoh masyarakat.
 
Para pengamat berpendapat tokoh utama film Wage, yakni WR Supratman diperankan secara pas dan bagus oleh pendatang baru, Rendra Pamungkas, sehingga banyak mendapatkan pujian.
 
Pria kelahiran Kandangan, Kediri, Jawa Timur, 21 Maret 1984, itu mengenyam pendidikan teater di Fakultas Seni Pertunjukan Institut Seni Indonesia Yogyakarta kemudian melanjutkan ke pendidikan Ilmu Religi dan Budaya Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta.
 
Prestasinya di dunia teater dimulai dari penulisan naskah, seni peran hingga penyutradaraan dan berperan dalam Wage merupakan langkah awalnya di dunia film setelah bertemu sutradara John De Rantau.
 
Untuk menghidupkan karakter yang dipercayakan kepadanya, Rendra mengakui tidak menggunakan rasio namun mengutamakan rasa, karena referensi mengenai sosok WR Supratman sangat minim, bahkan tak ada foto maupun videonya seperti misalnya Soekarno.
 
"Ketika aku memerankan Wage, badanku rasanya seperti dituntun dengan sangat baik dan halus sekali. Aku hanya berbekal Bismillah dan aku benar-benar memulai setiap aktivitas syuting dengan berdoa terlebih dulu," katanya, Sabtu (28/10/2017). 
 
Wage rencananya diputar di gedung bioskup secara nasional mulai 9 November 2017. Selain Rendra B Pamungkas sebagai WR Supratman, beberapa bintang lain yang terlibat, yakni Tengku Rifnu Wikana, Prisia Nasution, Putri Ayudya.




(Ant)