Sinergikan Elemen Batak, Sukur Satukan Sumut Lewat Lagu

| Komentar
Sabtu, 18 November 2017 13:46 WIB

Ketua BPP HKBP, Sukur H Nababan (kanan) bersalaman dengan Maruarar Sirait

Jakarta, HanTer - 10 lagu Batak terbaik meriahkan ratusan tamu dan elemen masyarakat Batak di Ballroom Hotel The Ritz Carlton Kuningan, Jakarta, pada Jumat Malam, (17/11). Acara "Grand Final Lomba Cipta Lagu Batak Nasional" itu digelar untuk mencari potensi pencipta lagu Batak yang masih terpendam.
 
Ketua Badan Penyelenggara Pendidikan Huria Kristen Batak Protestan (BPP HKBP), Sukur H Nababan mengatakan, lomba lagu cipta Batak ini digelar dalam rangka tahun pendidikan HKBP.
 
''Acara ini menjadi ajang silahtuhmi budaya dan upaya untuk peningkatan mutu generasi anak bangsa yang hadir lewat budaya,'' ujar Sukur. 
 
Melalui ajang ini, Sukur berharap budaya Batak yang penuh keluhuran, bisa terus terjaga. Lomba lagu Batak ini juga untuk mencari potensi orang-orang batak yang masih terpendam, sekaligus menemukan pencipta lagu batak lainnya.
 
Politikus PDI Perjuangan ini menambahkan, bahwa kegiatan ini tidak ada kepentingan politik. Semuanya berangkat dari kesadaran bahwa membangun Indonesia tidak bisa dengan sekadar pembangunan ekonomi apalagi liberalisme.
 
"Saya tidak ada keinginan untuk menjadi gubernur atau apapun. Saya ingin ingatkan bahwa  membangun bangsa ini harus dimulai dengan kegiatan budaya dan seni," kata Sukur yang juga Anggota  DPR RI ini.
 
Motivator muda ini berharap, melalui lomba cipta lagu bernuansa nasehat Batak ini, bisa merubah karakter warga Batak menjadi lebih baik, lebih berkualitas.
 
''Lagu-lagu yang dilombakan sebagian besar bernuansa nasihat Batak. Nah, kami berharap dapat memberikan sentuhan karakter warga Batak menjadi lebih baik, lebih berkualitas,'' ujarnya.
 
Sukur berharap, acara cipta lagu batak ini dapat menjadi ajang satu kekuatan masyarakat Sumatera Utara. "Lagu-lagu ini merupakan bagian penting bagi hidup orang batak, dan warga gereja HKBP pada umumnya," kata Sukur.
 
Orang Batak itu, lanjut Sukur, kebanyakan bisa menghafal lagu, menghayati liriknya, dan menggunakan lirik tersebut, dalam percakapan sehari-hari.
 
"Penyampaian pesan melalui lagu akan lebih mengena kepada masyarakat batak dalam membangun rasa persatuan dan kesatuan," kata Sukur.
 
Lomba cipta lagu batak ini sudah masuk ke semifinal untuk menyeleksi 10 lagu terbaik dari 350 lagu yang masuk. Pelaksanaan lomba lagu batak ini sudah berjalan sejak Agustus lalu.
 
"Kami juga akan memberi apresiasi kepada 21 pencipta lagu Batak yang telah berhasil mengubah karakter orang batak," tuturnya.
 
Selain itu, tambah Sukur, kegiatan ini juga menjadi pemantik reformasi pendidikan di sekolah-sekolah HKBP yang ditangani oleh BPP HKBP, dari jenjang Taman Kanak-kanak (TK), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), sampai Sekolah Menengah Atas (SMA).
 
Turut hadir Ephorus HKBP, Pdt. Dr. Darwin Lumbantobing dan jajaran pemimpin HKBP sebagai pencetus ide Lomba Cipta Lagu Batak ini. Selain itu acara ini juga akan dihadiri oleh Ephorus Emiritus Pdt. Dr. SAE Nababan, Ephorus Emiritus Pdt. Dr. Bonar Napitupulu, Ephorus Emiritus Pdt. WTP Simarmata, MA. 
 
Tokoh gereja tampak hadir dari berbagai kalangan seperti Putra Nababan, anggota DPR RI Maruarar Sirait, Effendi Simbolon, politisi senior PDIP Sabam Sirait, Ketua DPR Riau, Kordias Pasaribu, kalangan perwira tinggi militer dan mantan perwira tinggi TNI/Polri, dan Bupati Taput Nikson Nababan, dan Bupati Humbang Dosmar Banjarnahor.




(Anugrah)