Sejumlah Musisi Kenang Kebaikan Yon Koeswoyo

| Komentar
Sabtu, 06 Januari 2018 13:27 WIB

Musisi senior Yon Koeswoyo

Jakarta, HanTer - Innalillahi wa inna ilaihi rojiun… Awal tahun 2018 dunia hiburan dikejutkan dengan kabar duka. Ya, musisi senior Yon Koeswoyo menghembuskan nafar terakhir pada Jumat (5/1/2018) pagi. Sebelumnya, ada penyanyi senior yang lebih dulu meninggalkan dunia fana ini selamanya, yakni artis serba bisa Laila Sari. Sontak kabar ini mengejutkan ranah musik Indonesia.

KIni di saat orang-orang masih merayakan pergantian tahun, salah satu justru insan musik milik negeri ini pergi keharibaannya. Tak heran, jika sejumlah penyanyi dan musisi Indonesia merasa kehilangan dan turut bela sungkawa.

Sebut saja, Dwi Dharmawan, Tulus, Ryan D`Masiv dan Glenn Fredly. Belum lagi dari musisi junior dan senior yang mengungkapkan dukanya lewat media sosial.

"Saya atas nama Yayasan Anugerah Musik Indonesia (AMI) Awards mengucapkan bela sungkawa yang mendalam, selain atas nama pribadi," kata Dwiki.

Dikatakannya, pada 2015 ia sempat berkomunikasi dengan Yon Koeswoyo untuk kepentingan pagelaran orkestra yang akan membawakan lagu-lagu Koes Plus. Sayangnya, sejak itu hingga hari ini belum sempat bertemu lagi dengan Yon Koeswoyo.

"Karena lagu-lagu Koes Plus akan dibawakan dalam acara orkestra tersebut. Itulah kenang-kenangan saya terakhir di tahun 2015. Jadi sudah lama, dua tahun ini saya belum ketemu dia lagi," kenangnya.

Hal senanda diungkapkan Ryan D’Masiv yang pernah menjenguk Yon semasa hidupnya. Kala itu, Yon tengah bolak-balik rumah sakit untuk mengontrol penyakit yang diderita. “Iya kehilangan banget, soalnya saya pernah jenguk beliau. Mengingat, saya ngefans sama om Yon, malah saya mengoleksi pilingan hitam lagu-lagunya,” katanya, di kawasan Pamulang Tangerang.

Untuk meyakinkan publik dirinya pernah menjenguk, Ryan mengunggah foto kenangan itu saat berada di dalam ruang rumah sakit. Dalam video tersebut, ia mengenakan baju kaus putih lengan pendek berdiri di samping Yon, uniknya Yon masih bisa tersenyum dengan balutan selimut di atas ranjang.

Tak ketinggalan, Tulus dan Glenn Fredly pun merasa kehilangan dengan sosok yang dianggap sebagai inspirasi bagi penyanyi-penyanyi muda. “Saya yakin om Yon berada di tempat terbaik karena dia orang yang selalu berbuat kebaikan selama hidupnya,” kata Glenn.

Wisuda Tanpa Ayah

Namun, di tengah duka tersebut terselip kisah pilu yang membuat miris keluarga Yon, khususnya puteranya yang bernama Bela Aron (21). Pasalnya, istri Yon, Yon, Bonita Angelia, mengaku dipengujung usia, suaminya itu memiliki keinginan untuk bisa menyaksikan putranya, lulus kuliah.

“Anak saya Aron, Aron ini yang om Yon pengen banget ngelihat dia di wisuda, yang belum kesampean sih ya. Karena salah satu anaknya bisa menjadi sarjana, Aron ini," kata Bonita sedih.

Padahal, putra pertama dari pernikahan dengan Bonita tersebut akan menjalani wisuda pada tahun ini. Lantaran, Aron menjalani pendidikan kuliah tingkat akhir di Universitas Multimedia Nusantara, Gading Serpong, Tangerang untuk Fakultas Desain Komunikasi Visual, jurusan Desain Grafis.

"'Saya tuh sampai enggak ya? Pengin lihat Aron di wisuda'. Seperti itu. Saya selalu 'Ya sampai lah Pa, enggak mungkin enggak sampe'. Tapi Tuhan berkehendak lain," kenang Bonita menirukan ucapan Yon.

Seperti diberitakan, Yon Koeswoyo tutup usia pada 77 tahun setelah dilarikan ke RS. Medika, BSD, Tangerang. Rencananya, jenazah akan dikebumikan pada Sabtu, 6 Januari 2018 di TPU Tanah Kusir, Jakarta Selatan. 




(Romi Syahril/ Harian Terbit)