Derita Kanker, France Gall, Ikon Musik Pop Prancis Meninggal Dunia

| Komentar
Minggu, 07 Januari 2018 23:50 WIB

France Gall (Wikimedia)

Paris, HanTer - Penyanyi France Gall yang jadi ikon musik pop Prancis meninggal dunia pada usia 70 tahun. Gall wafat setelah dua tahun bergulat melawan kanker, Minggu (7/1/2018), seperti dilaporkan media Prancis.

Kabar duka ini menuai banyak ucapan belasungkawa, termasuk dari Presiden Emmanuel Macron, yang menulis di akun Twitter bahwa "dia meninggal lagu-lagu yang familier untuk semua orang Prancis dan contoh kehidupan yang peduli pada sesama."

Gall, putri dari pria yang menulis lagu untuk penyanyi legendaris Edith Piaf dan Charles Aznavour, terkenal saat menginjak masa remaja berkat bantuan dari penyanyi dan penulis lagu legendaris Gainsbourg.

Mereka berkolaborasi untuk lagu "Poupee de cire, poupee de son” -- diterjemahkan menjadi "Boneka lilin, boneka kain" yang menjadi pemenang Kontes Lagu Eurovision mewakili Luxembourg pada 1965.

Hubungan itu memburuk setelah lagu hits "Les Sucettes" ("Lolipop") membuat Gall malu karena dia gagal memahami referensi seksual dalam lirik provokatif buatan Gainsbourg.

Karirnya kembali bersinar pada akhir 1970an bersama Michel Berger, penulis lagu berpengaruh di Prancis yang kemudian menjadi suami, juga ayah dari dua anak mereka.

Dilansir Reuters, selain meraih kesuksesan pada era 1989an, dia juga tampil di panggung musikal Starmania.

Karirnya terhenti pada 1990an menyusul kematian Berger dan putrinya Pauline.

Gall adalah ikon Prancis 1960an yang wafat dalam dua bulan terakhir, setelah kepergian penyanyi rock Johnny Hallyday yang dijuluki "Elvis-nya Prancis" pada awal Desember.

 




(Ant)