Sebelum Meninggal, Advent Bangun Merasa Lelah

| Komentar
Senin, 12 Februari 2018 14:18 WIB

Jenazah aktor kawakan Advent Bangun

Jakarta, HanTer -Dunia hiburan  Indonesia kembali berduka, lantaran, dalam dua pekan ini tiga selebritu gaek telah meninggal dunia. Sebut saja, komedian sekaligus mantan politisi Sys NS, musisi Jockie Surjoprajogo dan terkini adalah aktor laga Advent Bangun.

Kepergian aktor yang selalu berperan sebagai antagonis dan penjahat ini diketahui ondisi kesehatannya mulai menurun sejak Kamis (8/2/2018) lalu. Tak heranm jika keluarga telah berkumpul saat itu.

Terbukti, mantan atlet karate yang bermain di film Jaka Sembung ini masih bisa berkomunikasi dan mengaku lelah dengan keadaannya.

"Memang waktu itu masih bisa komunikasi lagi, buka mata, dia bilang, lelah saya, ya sudah saya bilang, jangan dipaksain," kata salah satu keluarga, Harum Tambun, di kawasan Jagakarsa, Jakarta, Sabtu (10/2/2018).

Dikatakan Tambun, sejak pertengahan 2017, Advent rutin menjalani cuci darah. Awalnya, ia menderita penyakit gula yang kemudian berdampak ke ginjal. Dua hari lalu, kondisinya kembali menurun dan dilarikan ke rumah sakit.

Aktor laga era 80 an tersebut menghembuskan napas terakhir, Sabtu dini hari sekitar pukul 02.35. Banyak kenangan yang ditinggalkan Advent di keluarga besarnya.  "Pokoknya banyak sekali momen tidak terlupakan. Dia itu kebanggaan buat keluarga," kenang Tambun.

Pria bernama lengkap Thomas Avent Perangin-angin Bangun itu dikenal melalui film Rajawali Sakti (1976). Namanya semakin melejit lewat peran Si Buta Dari Gua Hantu. Puluhan film laga telah dibintanginya.

Praktis, sekitar 2001, Advent memutuskan meninggalkan hingar- bingar dunia entertainment. Ia memutuskan menjadi pendeta.

Musuh Jaka Sembung

Kepergian Advent Bangun selamanya, tentu menyisakan kenangan bagi sejumlah artis Indonesia. Salah satunya, presenter sekaligus komedian cantik, Vega Darwanti yang mengaku terkejut dengan kepergian sang legenda laga berusia 65 tahun tersebut.

"Intinya, kalau mengenal sosok beliau, secara langsung sih enggak ya, itu kan di era 80 an aku masih kecil banget ya, masih SD," kata Vega.

Film Jaka Sembung adalah kenangan Vega mengingat Advent Bangun yang berperan menjadi penjahat, alias musuh bebuyutan Jaka Sembung.

"Sejauh ini pasti pernah nonton film-filmnya, kalau enggak salah, Jaka Sembung kalau enggak salah ya, hehehe. Kalau Barry Prima jadi jagoannya, pasti almahrum Advent Bangun jadi penjahatnya," tuturnya. 




(Harian Terbit/Romi Syahril)