Film Moonrise Over Egypt Angkat Kisah Perjuangan H. Agus Salim di Mesir

| Komentar
Jumat, 23 Februari 2018 07:57 WIB

Kru & pemain film Moonrise Over Egypt/ ist

Jakarta, HanTer – Film layar lebar yang mengangkat kisah perjuangan pahlawan kita semakin bertambah. Kini bakal hadir Moonrise Over Egypt produski PT Tiga Visi Selaras (TVS) kisah mengenai Pahlawan Nasional Haji Agus Salim di Mesir pada tahun 1947. 
 
Film Indonesia ini akan mengungkap sejarah diplomasi pertama Indonesia yang sangat penting agar kedaulatan kemerdekaan Indonesia diterima di dunia internasional.
 
“Kita di sini tidak bicara biopik murni tentang Haji Agus Salim, tapi kejadiannya pada tahun 1947 tentang diplomasi pertama Indonesia yang sangat penting agar kedaulatan kemerdekaan Indonesia diterima di dunia internasional,“ kata produser Amir Sambodo di kawasan Pondok Indah Jakarta Selatan, Rabu (21/2/2018).
 
Dikatakannya, film ini berkisah tentang empat tokoh, yaitu Haji Agus Salim (Wakil Menteri Luar Negeri RI) yang menjadi pemimpin delegasi, Abdurrahman Baswedan (Wakil Menteri Penerangan), Mohammad Rasjidi (Sekjen Departemen Agama), dan Nazir Datuk Sutan Pamuntjak (Pejabat Departemen Luar Negeri).
 
Keempatnya pada April 1947 dikirim oleh Presiden Soekarno ke Mesir untuk memperoleh pengakuan kedaulatan atas Republik Indonesia dari Mesir dan negara-negara Timur Tengah lainnya. Pengakuan kedaulatan dari negara-negara asing sangat penting bagi Republik Indonesia yang baru memproklamirkan kemerdekaannya pada tahun 1945.
 
Karena hal tersebut menjadi syarat berdirinya suatu negara, disamping memiliki pemimpin, rakyat, dan wilayah. “Karena itulah film ini sangat layak untuk diketahui masyarakat,” terangnya.
 
Film arahan sutradara Pandu Adiputra ini dibintangi sejumlah artis, diantaranya, Prit Timothy, Mark Sungkar, Ganda, Vikri Rasta, Ina Mariska, Reza Smash, Satria Mulia dan Bhisma Wijaya.




(romi)