Dikenal Kreatif, Riki Putra Memadukan Musik Rock dan Gamelan

| Komentar
Rabu, 14 Maret 2018 08:18 WIB

Riki Putra/ ist

Jakarta, HanTer – Mendengar judul di atas tentu membuat kita bingung. Tapi tak usah bingung, justru penyanyi Riki Putra punya cara unik  terhadap alat musik gamelan dan musik rock. Maklum, ia memantapkan pilihannya sebagai pemain musik dengan genre rock-gamelan yang telah dituangkannya dalam album Gamelan Rules.
 
Diakui Riki Putra, keinginannya memilih genre rock-gamelan justru muncul saat ia masih kuliah di Musician Institute, Amerika. Gamelan Rules sendiri sempat ia tampilkan di Yogyakarta dan ditonton ribuan orang.
 
“Intinya jangan sampai musik tradisional kita tergerus jaman, apalagi musik luar kini cepat sekali perkembangannya. Kita harus bangga dengan budaya lokal dan jangan malu untuk memperdengarkannya ke manca negara,” katanya, Selasa (13/3/2018). 
 
Memang apa yang diperlihatkan Riki ini, jarang dilakukan musisi atau penyanyi lain. Justru, Riki mengaku merasakan kepuasan tersendiri dengan memadukan gamelan dan musik rock.
 
“Musik rock itu sudah ramai dan peminatnya banyak, sedangkan gamelan itu alat musik yang sempurna dan elegan. Jadi bisa dibayangkan seperti apa megah dan menariknya ketika mendengarkan rock-gamelan,” jelasnya.
 
Selain music rock dan gamelan, Riki Putra juga membuka usaha bisnis kemeja jeans yang dipadukan dengan batik yang diberi nama Samskara. Itulah ciri anak muda kreatif! 




(romi)