Keren, Desainer Kondang Anna Mariana Sukses di DC Fashion Week

| Komentar
Jumat, 23 Maret 2018 08:58 WIB

Salah satu koleksi Anna Mariana yang diperagakan di DC Fashion Week/ ist

Jakarta, HanTer - Ajang bergengsi DC Fashion Week, di Washington DC pada 25 Februari 2018 lalu, dikejutkan dengan rancangan desainer asal Indonesia, Anna Mariana. Pasalnya, dari deretan 10 perancang internasional yang tercatat ikut sesi International Couture Collections Show tersebut, yakni: 6 perancang dari USA, 1 dari Sinegal, 1 Perancis, dan 1 dari Ukraina. 
 
Anna Mariana satu-satunya yang hadir mewakili Indonesia, menampilkan koleksi busana unik yang dirancang khusus dari kain tradisional Tenun dan Songket handmade, kreasi terbaru yang diberi nama Babe.
 
Dihadapan sekitar 400 tamu undangan yang hadir di Franklin Square 1315 K St NW, Washington DC, mereka terdiri dari para pengamat fashion, fashion bloggers, pemilik gerai toko busana, fashion stylist hingga selebriti dan sosialita.
 
Sebanyak 20 busana ekslusif rancangan Anna yang diperagakan oleh peragawati internasional pilihan, merupakan penggabungan antara design motif tenun dan songket ciri khas Bali dan Betawi, atau disingkat Babe. 
 
“Koleksi busana yang saya tampilkan di DC Fashion Week, semuanya saya ciptakan secara khusus,” jelas Anna Mariana, dalam acara syukuran, di House of Marsya, Pondok Indah, Jakarta, Rabu (21/3/2018).
 
Sejauh ini Anna Mariana yang menentukan warna, menggarap desain pada motif-motif kain Tenun dan Songket, hingga menentukan model busananya yang sengaja disesuaikan dengan selera orang Barat yang gemar dengan model baju terbuka. Pada motif Bali, Anna menempatkan motif bercorak poleng, yakni motif kain tenun kotak-kotak berwarna hitam putih (Rwabhineda) yang sangat popular dan menjadi ikon dalam kehidupan masyarakat Bali. 
 
Menurutnya, dalam paham masyarakat Hindu di Bali, Rwabhineda adalah sebuah filosofi yang melambangkan dua sifat yang saling bertolak belakang. Seperti hitam putih, baik buruk, panjang pendek, kaya miskin dan sebagainya.




(romi)