Sambut Hari Film Nasional (HFN) 2018, Bioskop Sajikan Film Lawas Pengabdi Setan

| Komentar
Kamis, 29 Maret 2018 12:52 WIB

Film lawas pengabdi setan

Jelang Hari Film Nasional yang jatuh pada 30 Maret 2018, seabrek agenda bakal disajikan kepada masyarakat terutama untuk menyaksikan film-film lawas Indonesia dengan kualitas dan resolusi yang anyar lewat ajang Vintage Film Festival (VFF). Tentu saja, gelaran ini menawarkan berbagai film lawas Indonesia yang telah direstorasi sehingga dapat kembali ditampilkan dengan kualitas masa kini tanpa mengurangi originalitas film tersebut.
 
Oleh karenanya, bagi penggemar film Indonesia tahun zadul bias mengobati rasa rindu terhadap tampilan gambar maupun bintangnya. 
 
“Intinya kami mendaftarkan berbagai film yang kualitasnya dapat kami pulihkan kembali agar dapat dinikmati oleh seluruh pecinta film baik di dalam maupun luar negeri,” kata penggiat film, Manoj Samtani di Jakarta, Rabu (27/3/2018).
 
Sejumlah film yang siap ditayangkan pada gelaran Vintage Film Festival (VFF)ini, antara lain, Matt Dower (1969), Ateng Sok Aksi (1977), Pengabdi Setan (1980), Ratu Ilmu Hitam (1981), Titian Serambut Dibelah Tujuh (1982), WARKOP – Sama Juga Bohong (1986), Seri Catatan Si Boy (1987 - 1991).
 
Sunil Samtani selaku pembuat film mengaku awalnya sangat terkejut saat film Pengabdi Setan (1980) dipilih sebagai film pertama gelaran VFF ini. "Saya agak kaget waktu diberitahu rencana Pengabdi Setan original version akan tayang di CGV. Saya bangga sekali karena saya juga belum lihat film itu selain di DVD," terangnya.
 
Ditambahkannya, film yang sukses di-remake Joko Anwar pada 2017 lalu itu bias kembali disaksikan di bioskop pada era modern saat ini. "Pengabdi Setan-nya Joko Anwar itu hype-nyadari film Pengabdi Setan tahun 1980 ini. Karena film ini bagi sebagian orang yang sudah menonton dulu, sangat memorable," tuturnya. 
 
Direncanakan, pemutaran film lawas dimulai dengan Pengabdi Setan 1980 yang bertengger di CGV selama sebulan, mulai dari 29 Maret hingga 29 April pada hari Kamis hingga Minggu.
 
"Dimulai dari Pengabdi Setan selama sebulan, nanti kita Tanya masyarakat. Sebulan selanjutnya film lawas mana yang akan tayang duluan," ungkap Head Marketing CGV Cinemas, Wisnu Triatmojo. 




(Harian Terbit/Romi)