Gandeng Iwan Fals, Aktor Reza Rahadian Jadi Penyandang Tunanetra di Film The Gift

| Komentar
Rabu, 18 April 2018 08:33 WIB

Reza Rahadian, Iwan Fals n sejumlah artis lainnya/ ist

Jakarta, HanTer – Aktor serba bisa Reza Rahadian selalu dipercaya untuk berperan apapun, termasuk jadi orang berkebutuhan. Ya, lewat film The Gift garapan sutradara Hanung Bramantyo ini, Reza berperan sebagai Harun, seorang pria penyandang tuna netra yang diderita akibat kecelakaan. 
 
“Ketika itu saya mengajak ada sekitar sembilan orang tuna netra datang ke dapur film. Saya ngobrol banyak hal, ketawa-ketiwi. Saya menemukan seseorang yang potretnya seperti Harun. Secara bola mata ya, sempurna saja. Tapi, mungkin tidak berfungsi sesuai dengan fungsinya. Maka, ada gerakan bola mata yang saya pelajari juga,” kata Reza di Setibudi XXI Jakarta Selatan, Selasa (17/4/2018). 
 
Guna tampil maksimal, Reza sempat terkejut melihat kehidupan para tuna netra. Pria 31 tahun itu mengatakan, mereka ternyata memiliki kehidupan yang sama dengan orang normal pada umumnya. 
“Intinya kalau ada aktor main lagi ya, beda lagi. Saya berani menjamin kalau sudah lihat utuh, baru bisa membandingkan tokoh yang sudah ada,” tuturnya.
 
Pemeran Habibi ini diberi kebebasan untuk melakukan eksplorasi juga menjadi faktor yang membuatnya ingin mengambil peran sebagai Harun. Terlebih ketika Reza melihat tantangan baru yang dia temukan dalam film tersebut.
 
“Sejauh ini saya mencoba untuk mencari detail-detail penting yang menurut saya akan mendukung karakter ini,” ujarnya.
 
Sang sutradara, Hanung mengaku menggunakan pemain-pemain pilihannya sendiri dalam film tersebut. Termasuk ketika menggunakan karya lagu penyanyi legendaris Iwan Fals.




(romi)