Aktor Senior Deddy Sutomo Telah Tiada; `Satu Lagi Legenda Meninggalkan Kita`

| Komentar
Kamis, 19 April 2018 13:14 WIB

Deddy Sutomo

Selebriti tanah air menghanturkan doa dan rasa duka cita mereka atas kepergian Aktor Deddy Sutomo, Rabu (18/4/2018) pagi dalam usia 76 tahun. Jenazah pemain film `Mencari Hilal` ini disemayamkan di rumah duka di bilangan Rempoa, Kota Tangerang Selatan.
 
Mia, salah atu sanak saudara mendiang, Deddy meninggal karena sakit jantung. “Bapak meninggal karena sakit jantung yang diderita. Sebelumnya Bapak dirawat di RS Harapan Kita lalu dipindah di RS Pondok Indah, lalu hari Minggu kemarin baru saja pulang, terus saya juga kaget dengar kabar kepergian beliau,” ungkap Mia dikutip Viva.co.id.
 
Penulis Djenar Maesa Ayu mengunggah foto bersama Deddy di akun Twitterya. Dia saat terlibat dalam produksi film Kartini beberapa waktu lalu. 
 
"Bapak Deddy Sutomo, selamat jalan. Mengenangmu adalah keharuan. Kebahagiaan. Kehormatan," cuit Djenar. 
 
Duka mendalam juga dirasakan komposer Ananda Sukarlan dan stand up comedian, Pandji Pragiwaksono.  "Hari ini Mas Deddy Sutomo pergi pada usia 76. Masih muda dan karyanya udah banyakkk," tulis Ananda. 
 
"Satu lagi legenda meninggalkan kita...," cuit Pandji. 
 
Aktor Morgan Oey salah satunya. Dalam akun Twitternya, Morgan mengunggah foto dirinya bersama mendiang Deddy. Dia menuliskan keterangan dalam foto itu: "Semoga beristirahat dengan damai Pak Deddy Sutomo, sebuah kehormatan bisa bermain bersamamu di Mooncake. Terima kasih untuk contoh passion dan komitmen darimu," tulis Morgan. 
 
Piala Citra
 
Deddy Sutomo, seperti dilansir Antara, lahir di Jakarta pada 26 Juni 1941. Sepanjang karirnya, dia sudah beberapa kali mendapatkan penghargaan antara lain Citra Award untuk kategori Best Leading Actor (2015), Indonesian Movie Actor Awards for Best Chemistry (2016), Indonesia Movie Actor Award for Best Actor (2016).   
 
Deddy meraih Piala Citra untuk penghargaan Pemeran Utama Pria Terbaik Festival Film Indonesia (FFI) 2015 di saat usianya sudah memasuki 73 tahun.
 
Saat itu Deddy mengaku sudah sering mendapatkan mominasi FFI namun anugerah tahun ini merupakan puncak prestasinya. "Pesan saya jangan lewatkan kesempatan. Terus berdedikasi, disiplin dan menggali terus potensi yang ada," kata Deddy saat menerima penghargaan.
 
Deddy Sutomo merupakan aktor senior yang terkenal bermain dalam film Pandji Tengkorak pada dekade 1970-an. Ia juga bermain dalam film Tutur Tinular III pada 1992, dan Maskot pada 2006.
 
Karya Deddy dalam beberapa tahun terakhir adalah film Menebus Impian (2010), Tanda Tanya (2011), Ayat-Ayat Adinda (2014), dan Mencari Hilal (2015).
 
Deddy juga tercatat pernah mencoba untuk berkarier politik dengan duduk dalam Majelis Perimbangan Partai PDIP Perjuangan dan sempat terpilih menjadi anggota DPR RI untuk Komisi X.
 
Deddy tercatat telah membintangi sekitar 44 judul film dan dua serial televisi.
 
Ia pun pernah meraih piala Citra untuk kategori Aktor Utama Terbaik dalam Festival Film Indonesia 2015 berkat perannya dalam film Mencari Hilal. 




(Harian Terbit/Rommy)